Home / Berita / Kasus Covid-19 Menurun Lebih Cepat dari Negara Tetangga, Kemenkes: PPKM Berhasil

Kasus Covid-19 Menurun Lebih Cepat dari Negara Tetangga, Kemenkes: PPKM Berhasil

Kebijakan pemerintah Indonesia dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan angka kasus Covid-19 membuahkan hasil. Pasalnya, angka kasus Covid-19 terus mengalami penurunan.

Tercatat rata-rata angka kasus harian Covid-19 pada Juli lalu mencapai 50.000 kasus per hari. Kini, tercatat hanya kurang dari 5.000 kasus dalam sehari. Artinya penurunan kasus dari Juli sampai dengan September ini mencapai 10 kali lipat.

Plt. Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan kepedulian masyarakat dalam rangka menekan mobilitas penduduk yang tinggi juga menjadi indikator penurunan kasus Covid-19. “Kalau dilihat kaitannya dengan kepedulian masyarakat tingkat kepedulian masyarakat tinggi. Negara itu mampu menekan mobilitas penduduk,” ungkap Maxi dalam dialog KPC PEN secara virtual, Selasa (7/9/2021). Baca juga: Kasus Covid-19 Menurun, Wapres: Jangan Sampai Terjadi Euforia

Maxi pun membandingkan dengan negara-negara tetangga yakni Malaysia, Filipina, juga Vietnam dalam penanganan kasus Covid-19. “Dibandingkan negara-negara tetangga kita, kalau kita lihat Malaysia, Filipina, dan Vietnam, itu Malaysia juga mampu menurunkan mobilitasnya itu sampai 40 sampai 45%, tapi memang kasusnya tetap tinggi. Saya ngga tahu persis seperti apa di sana pengaturan atau protokol kesehatannya jalan ndak. Begitu juga Filipina. Filipina malah menekan mobilitasnya itu bisa sampai 25 sampai 30% ya. Kalau lihat ini, kasusnya juga meningkat,” kata Maxi. Baca juga: Jokowi Targetkan 70% Penduduk Indonesia Sudah Divaksin pada Akhir 2021.

Bahkan, Maxi menyebut Indonesia termasuk beruntung bisa cepat menurunkan kasus Covid-19. “Jadi Indonesia beruntung sekali. Tapi kalau memang kita lihat di Vietnam memang angka mobilitasnya itu sangat tinggi ya. Dia itu masih 60, 70%, jadi saya kira masih tinggi dan kasusnya meningkat. Jadi kalau dilihat ini terbukti dengan kita mampu menekan mobilitas sampai di antara 20-30%, saya kira itu sangat menunjukkan penurunan pada kasus transmisi penularan yang menurun dari 6 sekian persen. Saya kira terbukti bahwa mobilitas itu kita berhasil melalui PPKM ini sangat berhasil,” papar Maxi.

Komentar Facebook