Home / Berita / BPIP Ajak Pemuka Desa Termasuk Pimpinan Agama Jaga Keharmonisan Umat Beragama

BPIP Ajak Pemuka Desa Termasuk Pimpinan Agama Jaga Keharmonisan Umat Beragama

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengajak para pemuka desa untuk berperan aktif dalam menjaga keharmonisan sosial. Hal itu dia ungkap dalam Seminar Online Sosialiasi Pancasila bertajuk ‘Pengarusutamaan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembangunan Desa Menuju Indonesia Maju’, Selasa (6/10/2020).

Yudi melihat, berbagai desa juga sudah menunjukkan prakarsa keharmonisan sosial. Akan tetapi, dia tak memungkiri masih ada juga ditemukan riak-riak ketidakharmonisan yang masih terjadi belakangan ini.

Oleh karena itu, dia berharap agar semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga keharmonisan sosial di lingkungannya. Dengan begitu, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bisa benar-benar diimplementasikan dengan baik.

“Dalam hal ini, pemuka-pemuka desa termasuk pemimpin agama turut berkontribusi nyata dalam menjamin kehidupan sosial yang seimbang antara spiritual, material, rohani, jasmani serta menjaga keharmonisan umat bergama,” kata Yudi dalam sambutannya.

Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu Wakil Kepala BPIP, Hariyono mendampingi Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar berkunjung ke Gorontalo dalam rangka meluncurkan program For Peace (Forum Pemuka Agama Cinta Desa). Kata dia, program For Peace ini merupakan program inovatif yang berusaha memanfaatkan potensi desa untuk menyelesaikan persoalan di tingkat desa, utamanya dalam mempromosikan toleransi beragama.

Menurut Yudi, program-program seperti ini tidak bisa hanya dilakukan di beberapa daerah tertentu saja. Tapi, juga perlu untuk diduplikasi oleh semua desa-desa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Nah, BPIP sangat mendukung upaya-upaya ini dan siap terlibat dalam aktivitas dan program terkait dengan tupoksi tadi,” pungkasnya.

 

Sumber : https://nasional.okezone.com/read/2020/10/06/337/2289487/bpip-ajak-pemuka-desa-jaga-keharmonisan-umat-beragama

Komentar Facebook