Home / Daerah / Aksi Buruh pada May Day Tahun 2018

Aksi Buruh pada May Day Tahun 2018

Ratusan buruh yang ada di Sumatera Selatan memadati Jalan Pom IX simpang lampu merah depan kantor DPR. Mereka bergerak menuju kantor DPR untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day pada Selasa, 1 Mei 2018.

Para buruh tersebut konvoi dengan berjalan kaki. Mereka juga berorasi di simpang 5 lampu merah DPR menunggu para buruh lainnya.

Dalam aksi di kawasan kantor DPR, sempat terjadi negosiasi antara pihak kepolisian serta buruh agar dapat masuk ke dalam kawasan kantor DPR untuk berorasi.

Tak beberapa lama, akhirnya disepakati secara perlahan buruh mulai bergerak masuk ke dalam kawasan kantor DPR dan berkumpul dengan ribuan buruh lainnya yang ada di Sumatera Selatan.

 

Ribuan buruh mulai memadati kawasan kantor DPR

 

Salah seorang koordinator aksi sekaligus Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Sumsel, Ramliyanto mengatakan, agar pemerintah dapat menanggapi dan menindaklanjuti tuntutan dari SBSI.

“Hari ini di satu mei hari buruh kita menyuarakan hari ini ada beberapa tuntutan artinya pertama PP No 78 untuk dicabut kemudian kita minta juga kepada pemerintah agar menjabut kepres NO 20 tahun 2018, kemudian copot MENAKER”. “Adapun tuntutan lokal kita hari ini adalah system outsourcing dan kontrak kerja ini sangat meresahkan kaum buruh, artinya tidak ada kepastian keadilan terhadap kaum-kaum buruh, tuntutan kita hari ini juga bahwa meminta kepada pengawasan agar pengaduan-pengaduan yang di Disnaker agar cepat diselesaikan. Kemudian kita juga meminta kepada pihak kepolisian agar menerima pengaduan-pengaduan kawan-kawan SBSI agar kawan-kawan buruh tentang UNION Busting karena dengan UNION Busting ini banyak serikat pekerja, serikat buruh di perusahaan banyak di PHK.” kata Ramliyanto, Selasa, 1 Mei 2018.

Tercatat sebanyak 600 lebih buruh dari setiap elemen perusahaan yang ada di Sumatera Selatan dengan membawa berbagai spanduk atau atribut yang dibawa untuk memeriahkan aksi.

 

Tuntutan Aksi Buruh pada MayDay 2018

 

Terkait pengawalan aksi konvoi, pihak kepolisian melakukan pengamanan melekat dan humanis dengan menyiagakan personel di kawasan Jln Pom Simpang Lampu Merah DPR.

 

 

Komentar Facebook