Home / Tekno / WhatsApp Juga Bakal Sediakan Tool “Download” Data Pengguna

WhatsApp Juga Bakal Sediakan Tool “Download” Data Pengguna

Bulan depan, tepatnya pada 25 Mei 2018, Uni Eropa memberlakukan General Data Protection Regulation (GDPR). Salah satu poinnya mewajibkan layanan internet semacam Facebook, Instagram, dan WhatsApp, menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh data mereka.

Hal ini untuk meningkatkan transparansi dan menjelaskan seberapa banyak data masyarakat yang dihimpun oleh layanan internet. Facebook sudah memiliki fitur semacam ini sejak 2010, lantas Instagram menyusul baru-baru ini.

Selanjutnya, WhatsApp juga bakal menyediakan tool khusus agar pengguna bisa mengunduh informasi dan penyetelan mereka di platform bertukar pesan tersebut.

Informasi itu mencakup foto profil dan nama grup, tetapi bukan isi pesan. Jika ingin menyimpan isi pesan, bisa lewat fitur backup chat yang sudah lama tersedia.

Lantas, bagaimana cara mengunduh informasi WhatsApp? Pertama-tama Anda harus meminta laporan (request report) atas konten mereka. Caranya dengan mengakses “Settings”, “Account”, “Request Account Info”.

Selanjutnya pilih “Request Report” dan antarmuka layar bakal memunculkan notifikasi bahwa request telah dikirim. Laporan informasi Anda bakal tersedia sekitar tiga hari pasca request.

Ketika laporan telah tersedia, Anda akan mendapat notifikasi WhatsApp yang menyebutkan “laporan informasi akun Anda siap diunduh”. Selain itu, WhatsApp juga bakal memberi tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh semua data informasi Anda.

Untuk mengunduh laporan informasi tersebut, cukup pilih “Settings”, “Account”, “Request Account Info”, “Download Report”. WhatsApp bakal mulai mengunduh data Anda dalam format ZIP, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (25/4/2018), dari

Ketika file selesai diunduh, pilih “Export Report”. Laporan tak bisa dilihat via WhatsApp, sehingga Anda harus memilih aplikasi yang tepat untuk mengekspor laporan itu. Contohnya, Anda bisa mengirimnya ke email untuk mengaksesnya sebagai dokumen email.

Fitur ini tengah digarap dan dijanjikan bakal tersedia untuk Android maupun iOS dalam beberapa pekan ke depan.

Sumber

Komentar Facebook